Jumat, 09 Mei 2014

RMI Buka Pendaftaran Santri Baru untuk Ma’had Sulaimaniyah Turki

Rabitah Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jawa Timur menyepakati kerja sama di bidang pertukaran santri dan mahasiwa dengan lembaga tahfidzul qur’an Mahad Sulaimaniyah, Turki. RMI membuka pendaftaran bagi santri dan mahasiswa Indonesia yang berminat hingga 1 Juni 2014.

RMI Jawa Timur dipercaya Ma’had Sulaimaniyah sebagai mitra resmi penyaluran mahasiswa baru untuk program Tahfidzul Qur’an di lembaga itu. Pendaftaran bisa dilakukan pada cabang-cabang RMI di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia. Peminat bisa juga mendaftarkan diri langsung di Kantor Pusat dan Kantor-Kantor Cabang Ma’had Sulaimaniyah yang ada di Indonesia.

“Kemarin lalu, telah disepakati kesepakatan antara Ma’had Sulaimaniyah Turki dan Pemerintah Indonesia melalui Kemenag. RMI terlibat di dalamnya,” kata salah seorang pengurus PCNU kota Malang Yuanda Kusuma.

Ma’had Sulaimaniyah Turki ini sudah kurang lebih 10 tahun membuka perkuliahan di Indonesia dengan program utama tahfidzul Qur’an. Mahasiswa Sulaimaniyah diprogramkan untuk bisa menghafalkan seluruh Al-Qur’an dalam waktu kurang lebih 3-4 bulan. Selambat-lambatnya satu tahun.

“Saya melihat sendiri bagaimana proses pembelajaran di sana. Karena pihak Sulaimaniyah kebetulan menunjukkan sendiri kepada kami proses pembelajaran di sana,” imbuh Yuanda, Jumat (2/5).

“Lebih dari itu kami mengetes hafalan salah seorang santri asal Probolinggo di sana untuk membacakan Al-Qur’an. Ternyata mereka hafal seluruh bagian Al-Qur’an,” tandas Yuanda, yang juga Koordinator alumni Al-Azhar Mesir untuk wilayah Jawa Timur itu.

Para pendaftar program ini cukup mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkannya paling lambat tanggal 1 Juni 2014 ke kantor pusat atau cabang-cabang Ma’had Sulaimaniyah atau Kantor Kemenag Ditjen Pendis.

Formulir bisa didapatkan di kantor pusat Sulaimaniyah atau diunduh pada website www.uicci.org. Pendaftar dapat menghubungi keterangan pada nomor kontak sekertariat Sulaimaniyah 0821 8938 4274 atau Ditjen Pendis 0812 8733 0031. (NU
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top