Minggu, 05 Januari 2014

Pengertian prestasi belajar

            Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif yang disebabkan oleh pengalaman dan latihan. [Mustaqim, 2004, hlm:33] Belajar juga bisa diartikan suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. [Abdul Haris et. Al, 2008, hlm:15]

            Prestasi adalah hasil yang dicapai melebihi ketentuan. [Gunawan Andi, 2007,hlm:416] hasil yang telah dicapai ( dari yang telah dikerjakan, dilakukan ) [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 2000, hlm:895].
.Hasil yang dimaksud disini yaitu hasil belajar.
            Jadi yang dimaksud prestasi belajar adalam hasil proses perubahan tingkah laku yang sangat cepat melebihi target.
            Sedangkan hasil belajar sendiri memiliki pengertian perubahan tingkah laku siswa secara nyata setelah dilakukan proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pengajaran [Abdul Haris et. al. 2008, hlm:15].
            Untuk memperoleh hasil belajar, dilakukan evaluasi atau penilaian yang merupakan tindak lanjut atau cara untuk mengukur tingkat penguasaan siswa. Kemajuan prestasi siswa tidak hanya diukur dari tingkat penguasaan ilmu pengetauan tetapi juga sikap dan pengetauan.
            Usman Menyatakan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa sangat erat kaitannya dengan rumusan tujuan instruksional yang direncanakan guru sebelumnya yang dikelompokkan kedalam tiga kategori, yakni dogmain kognitif, afektif, dan psikomotorik [Abdul Haris et. al. 2008, hlm:16].
                  Setiap proses belajar mengajar keberhasilan diukur dari seberapa jauh hasil belajar yang dicapai siswa, disamping diukur dari segi prosesnya. Baik buruknya hasil belajar dapat dilihat dari pengukuran yang berupa evaluasi, selain mengukur hasil belajar penilaian dapat juga ditunjukan kepada proses pembelajaran, yaitu untuk mengetaui sejauh mana tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Semakin baik proses pembelajaran dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, maka seharusnya hasil hasil yang diperoleh siswa semakin tinggi sesuai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top