Rabu, 11 Desember 2013

PROFIL SINGKAT KH. AHMADI PENDIRI PP. RAUDLATUL ULUM KENCONG

ROMO KH. AHMADI
Romo KH. Ahmadi adalah salah satu putra dari Simbah KH. Syairozi, masa kecilnya beliau menimba ilmu dari Simbah KH. Syairozi, beliau mengaji al-Qur’an kepada Simbah KH. Syairozi sampai khotam dan mengaji kitab taqrib sampai khotam dua kali. Setelah itu, sekitar usia 12 tahun, tepatnya satu minggu setelah beliau khitan berangkat mondok ke Kebonsari Krenceng,
dan beliau menintut ilmu di Kebonsari selama empat tahun, selama di Kebonsari beliau melakukan tirakatan dengan cara puasa dan ngrowot ( tidak makan nasi beras ),dan tidak makan makanan yang berasal dari daging hewan. Di Kebonsari beliau mengaji kitab taqrib dari K. Faqih, belum genap empat tahun beliau belajar ngaji kepada Simbah K. Faqih, beliau disuruh mbalah kitab Taqrib dan Bidayah, beliau mengajar Kitab Taqrib di pondok Kebonsari waktunya habis sholat dhuhur, sementara setiap habis sholat Isya’ beliau mengajar kitab Taqrib di rumah.


            Setelah belajar di Kebonsari selama empat tahun, kemudian beliau mondok lagi di pondok Jombangan Pare selama kurang lebih tiga bulan, di Jombangan beliau mengawali ngaji kitab alat ( al-Ajjurumiyyah dan al-‘Amrithy ), dan selama mondok di Jombangan kebiasaan ngrowot dan makan makanan yang tidak mengandung ruh tetap dilanjutkan.
Setelah mondok di Jombangan, beliau lanjutkan mondok di pondok Lirboyo Kediri, pada saat berangkat ke Lirboyo yang mengantarkan adalah kakaknya yaitu KH. Abdul Hadi salah satu pengasuh Pondok Mahir ar-Riyadl Ringinagung Keling dengan mengendarai sepeda onthel ( sepeda pancal ). Beliau menimba ilmu di Lirboyo sekitar kurang lebih selama tiga tahun, kemudian melanjutkan nyantri di pondok Sono Surabaya hanya sekitar tiga bulan, terus mondok lagi di pondok Panji Sidoarjo selama empat bulan.
Setelah kepulangan beliau dari mondok di Panji Sidoarjo, beliau mondok lagi di pondok Bendo Pare, beliau menuntut ilmu di Bendo sekitar sembilan tahun dan berhasil mengikuti pengajian kitab Ihya’ sebanyak tiga khotaman, kitab Taqrib sembilan khotaman dan kitab tafsir tujuh khotaman, beliau di Bendo masih meneruskan ngrowot dan puasa ruh, jadi beliau melakukan puasa dan ngrowot mulai dari Kebonsari sampai ke Bendo selama enam belas tahun, dan kebiasaan puasa dan ngrowot dilanjutkan sampai beliau menikah diambil menantu oleh KH. Syamsuddin Mipitan Plosoklaten, setelah menikah beliau tidak melanjutkan kebiasaan puasa dan ngrowot, jadi sekitar dua puluh lima tahun beliau puasa dan ngrowot.
            Pernah suatu hari mBah Mundzir Bandar bertandang ke K. Ahmadi yang diantar oleh Romo K. Zamrodji, mBah Mundzir mendorong agar puasa dan ngrowotnya diteruskan saja, dan pada saat salah satu ibu Nyai Lirboyo wafat, K. Ahmadi menyempatkan diri untuk ta’ziyyah ke Lirboyo, dan kebetulan beliau duduk berhadap-hadapan dengan mBah Mundzir, di tengah-tengah berkumpulnya orang-orang yang ta’ziyyah mBah Mundzir berujar “Iki waliyyulloh“ seraya menuding kepada mBah K. Ahmadi, Beliau KH. Ahmadi wafat pada hari Kamis tanggal 18 September 1997 M.atau 16 Jumadil Ula 1418 H. dan Beliau meninggalkan tiga orang putra dan satu orang putri.
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top