Rabu, 11 Desember 2013

NIAT IBADAH DENGAN IKHLAS HANYA MENCARI RIDLA ALLOH

KHUTBAH JUM’AH ( AWAL )

الحمد لله المرشد لطاعته – المزجر عن معصيته – أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له إقرارا بوحدانيته – و أشهد أن محمدا عبده ورسوله إعترافا بنبوته – اللهم صل وسلم على سيدنا ومولانا وشفيعنا وقرة أعيننا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وأصحابه المتطهرين العارفين بالله رب العالمين.
أما بعد : فيا عباد الله رحمكم الله – أوصيكم ونفسي بتقوى الله . فقد فاز المتقون !.

قال النبي صلى الله عليه وسلم : إنما الأعمال بالنيات – و إنما لكل امرئ ما نوى – فمن كانت هجرته إلى الله وسوله فهجرته إلى الله ورسوله – ومن كانت هجرته لدنيا أو امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه ( رواه البخارى ومسلم ).
وقال النبي صلى الله عليه وسلم أيضا : يا أيها الناس !. أخلصوا أعمالكم لله فإن الله لا يقبل من الأعمال إلا ما خلص له ( رواه البزار عن الضحاك ).
وقال النبي صلى الله عليه وسلم أيضا : من صلى برياء فقد أشرك ومن صام برياء فقد أشرك ومن تصدق برياء فقد أشرك , فإن الله عز وجل يقول : أنا خير قسيم لمن أشرك بى شيئا فإن عمله قليله وكثيره بشريكه الذى أشرك به وأنا عنه غني .

Jama’ah Jum’ah Rohimakumulloh !.

Dalam kesempatan khutbah ini, saya mengajak kepada para jama’ah jum’ah untuk bersama-sama kita selalu bersyukur kepada Alloh, Tuhan yang tidak henti-hentinya memberikan pertolongan, keni’matan, kekuatan dan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Terbukti pada saat ini kita masih bisa berkumpul mengikuti jama’ah sholat jum’ah dalam keadaan sehat wal afiyat, semoga dengan kita bersyukur,  ........ keni’matan-keni’matan yang sudah kita terima dari Alloh, akan ditambah dengan keni’matan yang lebih banyak dan lebih besar, amin.



Jama’ah Jum’ah yang berbahagia !.

Dengan adanya keni’maan tersebut, maka marilah kita gunakan keni’matan itu untuk melakukan segala sesuatu yang pada akhirnya akan bisa mendatangkan ridlo Alloh Ta’ala, sehingga akan mampu mengantarkan kepada kita kepada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Dan perlu diketahui ......., bahwa : Ridlo Alloh hanya akan diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang mau menjalankan perintah-perintah-Nya sesuai kekuatan masing-masing dan selalu menjauhi segala larangan-Nya tanpa terkecuali, dengan didasari kemurnian dan keikhlasan hati untuk bertaqwa dan thoat kepada Alloh Ta’ala, tidak ada kepentingan lain, atau dengan istilah  “ ikhlas karena Alloh Ta’ala “.

Sebab ........ seseorang yang beribadah, seberapapun banyaknya, seseorang yang berpuasa, seberapapun lamanya, seseorang yang bershodaqoh, seberapapun banyaknya dan seberapapun seringnya. Kalau tidak murni karena mencari ridlo Alloh, maka amal ibadah, puasa, shodaqoh tersebut tidak akan diterima oleh Alloh Ta’ala. Bahkan oleh Alloh, orang tersebut dianggap telah menyekutukan-Nya !.  

Oleh karena pentingnya faktor niyat ibadah dengan ikhlas hanya mencari ridl Alloh, maka marilah kita selalu berusaha agar segala sesuatu yang kita lakukan, kita jalani dan kita usahakan dalam meniti kehidupan ini bisa bernilai ibadah, kita harus mampu menguasai hati kita agar pada saat akan melakukan segala hal harus didasari niyat ibadah dan mencari ridlo Alloh Ta’ala.

قال الله تعالى : أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم : ومن يعمل مثقال ذرة خيرا يره ومن يعمل مثقال ذرة شرا يره . بارك الله لنا ولكم فى القرأن العظيم ونفعنا وإياكم بالأيات والذكر الحكيم وتقبل منا ومنكم تلاوته إنه هو الغفور الرحيم . وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين . 

KHUTBAH JUM’AH ( AKHIR )

الحمد لله الذى أمرنا يالإتحاد والإعتصام بـحبل الله المتين أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له إياه نعبد وإياه نستعين - و أشهد أن محمدا عبده ورسوله رحمة للعالمين – قال الله تعالى فى القرأن العظيم : إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه بعدد أنواع الرزق والغتوحات يا باسط الرزق يبسط الرزق لمن يشاء بغير حساب ابسط علينا رزقا واسعا من كل جهة من خزائن غيبك بغير منة مخلوق بمحض فضلك وكرمك بغير حساب . أما بعد : فيا عباد الله رحمكم الله – اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون !. اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات . إنك قريب مجيب الدعوات يا قاضى الحاجات . ربنا آتنا فى الدنيا حسنة وفى الأخرة حسنة وقنا عذاب النار .

Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top