Minggu, 27 April 2014

Fenomena Tahlil Dalil-dalil tahlil dan keutamaan lafadz tahlil


FENOMENA TAHLIL

Tahlil berasal dari kata الهيللة  yaitu : mengucapkan لاإله إلاالله bentuk fi’ilnya adalah هلل يهلل  artinya membaca/ mengucapkan لاإله إلاالله sedangkan bentuk masdarnya :  تهليلا / التهليل yang bermakna ucapan لاإله إلاالله.

Sebenarnya tahlil sudah ada sejak zaman rosul SAW. yang berupa kalimat  لاإله إلاالله. Sedangkan tahlil yang tersusun pada zaman sekarang ini adalah bid’ah hasanah. Menurut orang-orang non NU, mereka mengatakan bahwa hal itu adalah bid’ah dholalah, karena berpedoman pada ayat:
وإنَّ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلاَّ مَاسَعَى ( النجم :39 )
Artinya: dan bahwasannya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah dilakukannya.
Dengan berpedoman pada ayat ini, mereka menganggap bahwa do’a pada mayit itu tidak akan sampai pada mayit. Tentu saja hal ini ditentang oleh para ‘ulama, karena dianggap masih lemah. Kelemahan itu diantaranya menurut Imam Ikrimah bahwa dalil ini diperuntukkan bagi umat nabi Ibrohim as. dan nabi Musa as. saja, tidak bagi umat nabi Muhammad SAW, karena banyak sekali hadits nabi yang tidak sesuai dengan ayat diatas termasuk hadits:1
عن عائشة رضي الله عنها أنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى الله عليه وسَلَّمَ إنَّ أُمِّيْ أُفْتُلِيَتْ نَفْسُهَا وَأُرَاهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ فَهَلْ لَهَا مِنْ أَجْرٍ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا ؟ قَالَ نَعَمْ, متفق عليه.
Artinya: dari Aisyah RA. “Sesungguhnya ada seorang laki-laki berkata pada Nabi Muhammad SAW: sesungguhnya ibuku meninggal secara tiba-tiba, apakah dia akan mendapat pahala jika saya bershodaqoh untuknya? nabi Muhammad SAW. Menjawab Ya”.
Berdasarkan hadits diatas, jika memang masih ada umat nabi Muhammad SAW. yang menentang diperbolehkannya tahlil, sesungguhnya akan dimasukkan ke neraka Jahanam, sebagaimana firman Alloh SWT:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُوْلَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيْلِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَلَهُ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيْرًا (النساء : 115)

Artinya: Barang siapa tidak mengikuti Rosul setelah jelasnya petunjuk dan mengikuti selain jalannya orang mukmin, maka Alloh akan memberikan kekuasaan pada perkara yang ia lakukan dan memasukkannya keneraka jahanam yang merupakan sejelek-jeleknya  tempat kembali. (QS. An-Nisa:115)
عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَهُ. رواه مسلم.
Artinya: Dari Abi Hurairoh RA. Sesungguhnya Rosululloh SAW. bersabda : ketika manusia mati maka putuslah amalnya kecuali tiga hal : shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendo’akannya.

 ثُمَّ قَالَ اَلشَّيْخُ رحمه الله تعالى وَمَذْهَبُ الشَّافِعِيَّةِ أَنَّ الصَّدَقَةَ يَصِلُ ثَوَابُهَا إِلَى الْمَيِّتِ إِتِّفَاقًا ( حجة اهل السنة والجماعة صـ 13 )

Serta pendapat para ulama, seperti menurut Imam Syafi’i bahwa pahala shodaqoh pada mayit itu akan sampai secara ittifaq (kesepakatan ulama).2

II. HADIAH PADA MAYIT


Para ‘Ulama sepakat, shodaqoh yang ditujukan pada mayit dan mendo’akan mayit bisa memberi manfaat untuknya, dengan dalil hadits :

إنَّ الله تعالى يَرْفَعُ دَرَجَةَ الْعَبْدِ فِي الْجَنَّةِ باِسْتِغْفَارِ وَلَدِهِ لَهُ


“ Sesungguhnya Alloh akan mengangkat  derajat seorang hamba disurga dengan sebab bacaan istighfar yang dihadiahkan anak untuknya”.
Para shohabat berkata: disunahkan bagi orang yang ingin shodaqoh untuk niat sebagai ganti dari kedua orang tuanya dan tidak meringkas niat shodaqoh untuk dirinya sendiri.3
            Dari Imam Ahmad bin Hambal beliau berkata: ketika kalian memasuki pemakaman (ziaroh kubur) bacalah  surat al fatihah, al ikhlash dan al mu’awwidzatain. Kemudian hadiahkanlah pahala bacaan-bacaan tersebut untuk ahli kubur. Sesungguhnya hal tersebut bisa sampai pada mereka.4

“ Chatting ” :
Setelah membaca surat-surat diatas, maka orang tersebut harus niat menghadiahkan bacaan - bacaan pada mayit semisal mengucapkan:

اللهم أَوْصِلْ ثَوَابَ مَا قَرَأْتُهُ إِلَى فُلاَنٍ


Dan disunahkan juga mendo’akan mayit setelah membaca surat-surat diatas sambil menghadap qiblat, karena do’a bisa bermanfa’at bagi mayit dan berdo’a pada saat seperti itu (setelah membaca al qur’an) lebih cepat terkabul.5

III. KHILAFIYAH BACAAN

 AL QUR’AN

            Imam Nawawi dalam syarah kitab Shohih Muslim dari madzhab Imam Syafi’i berkata: bahwasannya pahala bacaan Al Qur’an itu tidak bisa sampai pada mayit. Ibnu Abdissalam dalam sebagian fatwanya berkata: tidak diperbolehkan menghadiahkan pahala bacaan Al Qur’an pada mayit.6
Golongan ‘ulama mengarahkan pendapatnya Imam Nawawi tersebut pada permasalahan ketika orang yang membaca Al Qur’an tidak berada disamping mayit, pahalanya tidak dihadiahkan pada mayit atau dihadiahkan tapi setelah membaca tidak mendo’akan mayit.
   بعض أصحابنا  berkata: pahala bacaan Al Qur’an bisa sampai pada mayit apabila niat hanya ditujukan untuk mayit, meskipun niatnya selesai membaca. Pendapat ini didukung oleh 3 Imam, katsirun min aimmatina, Imam Subuki dan selainnya.7
Imam Muhib Khobari berkata: setiap ibadah yang dilakukan sebagai ganti dari mayit itu bisa sampai padanya, baik ibadah wajib ataupun ibadah sunah.8

IV. TAWASSUL

            Definisi Tawassul menurut Ibnu Abbas dalam kitab Fajar Shodiq adalah mengerjakan suatu amal yang dapat mendekatkan diri kita kepada Alloh. Al Qur’an telah menyebutkan lafadz  wasilah dalam dua tempat, yaitu:
A. Surat Al Maidah ayat 35
يَأَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اِتَّقُوْا الله وَابْتَغُوْا إِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.
Artinya: Hai orang-orang yang beriman patuhlah kepada Alloh dan carilah jalan yang mendekatkan kepada-Nya dan berjuanglah di jalan Alloh, supaya kamu menjadi orang yang beruntung.

Dalam ayat ini dapat diambil 3 hukum:
1.      Kita wajib patuh (ta’at) kepada Alloh.
2.      Kita diperintah mencari jalan yang bisa mendekatkan diri kepada Alloh.
3.      Kita diperintah berjuang (perang) di jalan Alloh.
Jika ketiga perkara diatas kita kerjakan, maka bisa mendapat jaminan kemenangan atau kebahagiaan dunia dan akhirat.
B. Surat Al Isro’ ayat 57.

يَبْتَغُوْنَ إِلَى رَبِّهِمُ الْوَسِيْلَةَ

Artinya: mereka mencari jalan untuk mendekatkan diri kepada Alloh.
Demikianlah wasilah dalam Al Qur’an. Maka, berdo’a dengan cara tawassul adalah berdo’a kepada Alloh dengan menggunakan lantaran, yaitu menyebut sesuatu yang dikasihi-Nya. Umpamanya kita mencari pekerjaan pada suatu instansi, tetapi tidak begitu kenal dengan kepala personalia kantor tersebut, lalu kita mencari jalan dengan menghubungi sahabat yang bekerja pada kantor tersebut. Dan berkat pertolongannya akhirnya permintaan kita terkabul.
            Perlu dipahami wasilah semacam ini hanya sekedar untuk memudahkan terkabulnya permintaan. Jangan disalah pahami, kita minta pekerjaan hanya kepada kepala kantor, bukan pada sang teman. Dan dia statusnya hanya sekedar sarana untuk mendapatkan fasilitas.
            Contoh-contoh do’a tawassul:
a.      Ziaroh ke makam Wali Songo, kemudian berdo’a kepada Alloh:
     يا ألله يا رحمن يا رحيم  saya mohon ampunan dan ridlo-Mu, berkah beliau yang dimakamkan disini, karena saya tahu beliau seorang ‘ulama besar yang sangat Engkau kasihi, kabulkanlah permohonan saya يا مُجِيْبَ السَّائِلِيْنَ . semacam ini disebut do’a tawassul.
b.      Berdo’a kepada Alloh berkat derajat (jaah) nabi agung Muhammad SAW, kabulkanlah permohonanku. Inilah do’a tawassul dengan derajat (جاه ) Nabi.
c.      Berdo’a kepada Alloh: ya Alloh, saya telah mengerjakan amal baik, yaitu selalu berbakti kepada orang tua. Kalau amal itu Engkau terima, maka kabulkanlah permohonanku. Ini namanya do’a tawassul dengan amal baik.
Do’a dengan tawassul ini juga diamalkan oleh Nabi, sahabat-sahabatnya dan ulama-ulama besar baik salaf maupun kholaf. Diantaranya:

1.      Syekh Sayyid Bakr Syatho
Beliau adalah pengarang kitab I’anat at tholibin, pada akhir kitabnya beliau berdo’a:
وَأَتَضَرَّعُ إِلَى الله سبحانه وتعالى وَأَسْأًلُهُ مِنْ فَضْلِهِ الْعَمِيْمِ مُتَوَسِّلاً بِنَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ أَنْ يَنْفَعَ بِهَا كَمَا نَفَعَ بِأَصْلِهَا
Artinya: aku merendahkan diri kepada Alloh, dan aku mohon karunia-Nya, bertawassul dengan nabi-Nya yang mulia. Supaya karangan (karya tulis) ini berfaedah sebagaimana faedah yang yang telah digapai (kitab) asalnya.11

2.      Syekh Ahmad Khotib Minangkabau
Beliau adalah ulama besar yang hidup di Makkah, pernah menjabat sebagai mufti madzhab Syafi’i, khothib dan Imam Masjidil Haram. Beliau berdo’a pada akhir kitabnya yaitu “An Nafahat” syarah “Al Waroqot”, dengan do’a:

أقول وأنا الفقير إلى الله الْمُجِيْبِ الْمُرْتَجَى مِنْهُ الْعَفْوُ وَالْغُفْرَانُ بِجَاهِ رَسُوْلِهِ الْحَبِيْبِ أحمد بن عبد الله الخطيب
Artinya: aku telah berkata (Ahmad bin Abdillatif Al Khotib) yang sangat butuh kepada Alloh, tuhan yang memperke-nankan do’a, Tuhan yang diharapkan ma’af dan ampunan-Nya, dengan derajat (jaah) rosul-Nya yang dikasihi.
Ungkapan beliau bi jahi (dengan kedudukan) menunjukkan do’a dengan bertawassul.
3.      Ar Romli
Nama lengkap beliau adalah Syamsuddin Muhammad bin Abil Abbas bin Hamzah Ibnu Syihabuddin Ar Romli. Beliau adalah ‘ulama besar madzhab Syafi’i, dan merupakan pengarang kitab “Nihayatul Muhtaj”. Beliau juga berdo’a pada akhir kitabnya dengan do’a:
واللهَ أَسْأَلُ وَبِرَسُوْلِهِ اَتَوَسَّلُ أَنْ يَنْتَفِعَ بِهِ كَمَا نَفَعَ بِأَصْلِهِ
Artinya: dan hanya kepada Alloh aku meminta, dan dengan Rosul-Nya aku bertawassul supaya kitab ini bermanfa’at sebagaimana manfa’at yang telah dicapai (kitab) asalnya (kitab minhaj).
Dengan transparan, beliau berdo’a dengan tawassul.
      Dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini merupakan suatu bukti nyata yang tidak bisa dipungkiri, bahwa ibadah tawassul itu benar-benar telah diamalkan oleh ulama-ulama Islam terdahulu.

V. DZIKIR DALAM TAHLIL

            Dzikir adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat besar pahalanya dan amal sholih yang paling baik untuk mendekatkan diri kepada Alloh, yang telah diperintahkan oleh Alloh dan rosul-Nya.
            Keutamaan-keutamaan dzikir telah disebutkan oleh Alloh dan rosul dalam Al Qur’an dan Hadits, diantaranya:
يا أيها الذين آمنوا اذْكُرُوْا اللهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا وَسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً
Artinya: hai orang-orang yang beriman berdzikirlah (dengan menyebut nama Alloh) dengan sebanyak-benyaknya dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang (QS.Al Ahzab: 42)

الذين آمنوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ الله أَلاَ بِذِكْرِ الله تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ ( الرعد : 28 )
Artinya: orang-orang yang beriman yaitu  mereka yang menjadi tenteram dengan mengingat Alloh, Ingatlah hanya dengan berdzikir, hati menjadi tenteram.
A.    Hikmah Tahlil dan Dzikir
Hikmah tahlil dan dzikir, diantaranya:
1.     Menambah pahala bagi orang yang membaca dan mayit.
2.     Menghidupkan rasa persaudaraan/ solidaritas antar sesama muslim.
3.     Do’anya seorang anak pada orang tua bisa menunjukkan bakti seorang anak.
B.     Keutamaan berkumpul dalam Berdzikir
Berkumpul dalam berdzikir mempunyai keutamaan yang amat besar, diantaranya seperti yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:
لاَيَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنُزِلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ
Artinya: tiada suatu kaum yang duduk dalam majlis dzikir melainkan dikelilingi malaikat dan diliputi rohmat Alloh dan diturunkan pada mereka ketenangan, ketentraman dan disebut oleh Alloh dihadapan para malaikat.

VI. TAHLIL


A. Al Ikhlash
قل هو الله أحد الله الصمد لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد
            Menurut Imam Qotadah, ia diberi nama Al Ikhlash sebab merupakan surat yang murni karena Alloh. Didalamnya tidak disebutkan sesuatupun tentang dunia dan akhirat. Sedangkan menurut Sa’id al Hanafy pemberian nama ini bisa membebaskan pembacanya dari berbagai kesulitan dunia, sakarotul maut, gelapnya qubur dan kekacauan hari kiamat.14
            Selain nama Al Ikhlash, surat ini juga masih mempunyai 19 gelar lainnya. Ini menunjukkan betapa tinggi keutamaannya, diantaranya:15
1. An Najah (keselamatan)
Nama ini diberikan karena bisa meyelamatkan manusia dari berbagai bencana dunia dan akhirat dengan kalimat tauhid. Surat ini bisa juga menyelamatkan seseorang dari pedang didunia dan dari neraka jahanam kelak diakhirat.
2. Al Muhdliroh (yang hadir)
            Nama ini diberikan karena Malaikat akan segera hadir untuk mendengarkan surat ini ketika dibaca.
3. Al Munfiroh (Mengusir)
            Nama ini diberikan karena syetan-syetan segera kabur ketika surat ini dibaca.
Dan banyak lagi gelar-gelar yang lain.
Al Ikhlash merupakan cahaya Al Qur’an, sebagaiman sabda Nabi:

إنَّ لِكُلِّ شَيْئٍ نُوْرًا وَنُوْرُ الْقُرْآنِ قُلْ هُوَ الله أَحَدٌ

Artinya: segala sesuatu mempunyai cahaya, dan cahaya Al Qur’an adalah قل هو الله أحد .
Dan terdapat banyak fadlilah yaitu:
1.      Membaca  Al Ikhlash satu kali pahalanya menyamai sepertiga Al Qur’an, sebab dalam Al Qur’an ada tiga ilmu yaitu: Tauhid, Syari’at dan Akhlaq. Sedangkan keseluruhan ilmu tauhid sudah tercakup dalam surat ini.16
2.      Membaca Al Ikhlash ketika sakit yang akan membawa kematian, maka tidak akan mendapat fitnah kubur, selamat dari himpitan kubur dan kelak dihari kiamat akan digendong oleh malaikat dengan sayap-sayapnya hingga melewati jembatan menuju surga.17
3.      Orang yang membaca Al Ikhlash satu kali akan mendapat pahala seperti pahalanya orang yang beriman kepada Alloh, Malaikat, Kitab dan Utusan-utusan-Nya dan diberi pahala seperti pahalanya seratus orang yang mati syahid.18
4.      Membaca surat Al Ikhlash tiga kali pahalanya sama seperti membaca seluruh Al Qur’an.
5.      Seseorang yang membaca surat Al Ikhlash sepuluh kali maka Alloh akan membuatkan rumah untuknya disurga.
6.      Orang yang membaca Al Ikhlash dua belas kali setelah sholat shubuh seakan-akan dia telah membaca Al Qur’an empat kali dan waktu itu adalah waktu yang paling utama jika dia bertaqwa.
7.      Barangsiapa membaca Al Ikhlash dua puluh kali, maka dia berhak mendapatkan pahala 700.000 orang yang mati syahid dan diberkahi keluarga dan rumahnya.
Bila membacanya:
30X, dibangunlah untuknya 30.000 Istana disurga.
40X, maka akan bertetangga dengan Rosululloh SAW.
50X, Alloh akan mengampuni dosa-dosanya selama 50 tahun.
100X, Alloh akan menuliskan pahala ibadah 100 tahun.
500X, Alloh akan mengampuninya, keluarga serta anak-anaknya.19
8.      Seseorang yang membaca AL Ikhlash 100X maka akan dihapus dosa-dosa yang telah dilakukan 50 tahun, dalam riwayat lain membaca Al Ikhlash 100X ketika sholat atau selainnya, maka Alloh akan membebaskannya dari api neraka.20
9.      Bila membacanya 1000X maka Alloh akan menghadiahkan surga untuknya (HR.Abu Ubaidah).21
10.  Orang yang rutin membaca Al Ikhlas dan Ayat Kursi 10X pada malam atau siang  hari maka dia berhak mendapatkan Ridlo Alloh bersama para Nabi di Padang Mahsyar dan terjaga dari syetan (Ka’ab Al Ahbar).22
11.  barang siapa kesulitan mendapatkan atau menghindari sesuatu,hendaklah ia menulis surat Al Ikhlas bersama Basmalah 1000X, maka insya Alloh akan segera dikabulkan.23
12.  Barang siapa menulis Al Ikhlas bersama Basmalah sebanyak jumlah para Rosul,maka dia akan mendapatkan apa yang diinginkannya,terjaga dari musuh dan mendapatkan apa yang disenangi- nya.24
13.  Dengan wasilah surat Al Ikhlas bisa mengobati orang sakit, dengan cara tulis bersama basmalah 7X dalam gelas yang terbuat dari tanah dan minumkan pada orang yang sakit, insyaAlloh akan sembuh jika memang belum sampai batas kematian.25
B. Al Mu’awwidzatain

قل أعوذ برب الفلق * من شر ما خلق * ومن شر غاسق إذا وقب * ومن شر النفثت في العقد * ومن شر حاسد إذا حسد.
قل أعوذ برب الناس * ملك الناس * إله الناس * من شر الوسواس الخناس * الذي يوسوس في صدور الناس * من الجنة والناس.
Diantara faedah-faedahnya yaitu:
1.      Membaca Al Mu’awwidzatain bisa untuk melindungi diri dari musuh, angin topan, mendung hitam dan hujan deras.26
2.      Membaca Al Mu’awwidzatain 41X baik membaca sendiri atau dibacakan orang lain ketika sakit panas, maka akan cepat sembuh dan memperpanjang umur hingga 3, 5 dan 7 hari.27
3.      Membaca Al Ikhlash dan Al Mu’awwidzatain pada pagi dan sore 3X, maka dicukupkan segala sesuatu baginya.28
4.      Membaca Al Ikhlash dan Al Mu’awwidzatain 7X setelah sholat jum’at, mka Alloh menjauhkan segala bentuk keburukan sampai jum’at mendatang.29
5.      Baca surat Al Kafirun dan Al Mu’awwi- dzatain bisa untuk mengobati sengatan kalajengking, dengan cara air dicampur garam diusap-usapkan pada bagian yang terkena sengatan sambil membaca surat diatas.30
C. Al Fatihah
بسم الله الرحمن الرحيم * الحمد لله رب العالمين * الرحمن الرحيم * مالك يوم الدين * إياك نعبد وإياك نستعين * اهدنا الصراط المستقيم * صراط الذين انعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين *
Surat Al Fatihah adalah surat termulia dalam Al Qur’an karena:
-         Perkara yang dijelaskan pada surat ini sangat global sementara pada surat lain sangat terperinci.
-         Surat Al Fatihah merupakan garis besar masalah aqidah tauhid, ibadah kepada Alloh, janji, ancaman dan hikmah dari kisah-kisah umat terdahulu.31
Diantara keutamaan dan faedahnya adalah:
 1.     Surat Al Fatihah adalah obat dari segala penyakit.32
 2.     Jika surat Al Fatihah ditulis dengan huruf terputus-putus dan dilebur dengan air suci, lalu diminumkan orang yang sakit, maka akan sembuh dengan izin Alloh.33
 3.     Barang siapa menulis surat Al Fatihah pada tempat yang suci dan dilebur dengan air lalu diminum, maka sifat pelupanya akan hilang.34
 4.     Barang siapa meletakkan tangannya pada anggota yang sakit dan membaca surat Al Fatihah kemudian berdo’a:
اللهم اذْهَبْ عَنِّي سُوْءًا مَا أَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمَكِيْنِ عِنْدَكَ 7 x
Insyaalloh akan sembuh.35
 5.     Surat Al Fatihah bermanfa’at untuk menghilangkan sakit karena sengatan kalajengking. Dengan cara: ambillah wadah yang diisi sedikit air dicampur garam, lalu bacalah surat Al Fatihah 7x pada air itu, dan minumkan pada orang yang sakit, insyaAlloh akan sembuh.36
 6.     Surat Al Fatihah jika dibaca 41x diantara sholat sunnah dan fardlu shubuh pada mata yang sakit, maka dengan izin Alloh akan sembuh. Apalagi jika setelah selesai membacanya, diusapkan pada matanya dengan air ludah. Cara diatas juga berguna untuk penyakit yang lain.37
 7.     Membaca surat Al Fatihah sebanyak jumlah hurufnyadengan jumlah kabir (786) selama tujuh hari berturut-turut untuk suatu tujuan, baik menginginkan kebaikan, menolak kejahatan atau memperlancar perniagaan, maka akan terkabul dengan izin Alloh.38
 8.     Bila surat Al Fatihah dibacakan pada gusi yang sakit, maka bisa sembuh seketika. Dengan cara: ambillah papanj yang suci dan letakkan pasir suci diatasnya dan tulislah أ ب ج هـ و ز ح ط ي (huruf wifiq tsulasi) dengan paku atau kayu, perintahkan sisakit untuk meletakkan jarinya pada gusi yang sakit, tancapkanlah paku atau kayu pada huruf pertama dan bacalah surat Al Fatihah 1x, lalu tanyalah padanya apakah kamu sudah sembuh? Dia harus menjawab tanpa melepas jarinya, jika belum sembuh, maka pindahlah kayu atau paku pada huruf kedua dan bacalah surat Al Fatihah 2x, lalu tanyalah pada sisakit apakah kamu sudah sembuh? Jika belum sembuh maka pindahlah kayu pada huruf ketiga dan bacalah surat Al Fatihah 3x demikian seterusnya dan tambahkan bacaan surat Al Fatihah 1x untuk setiap huruf, sebelum sampai huruf terakhir dia pasti sembuh dengan izin Alloh.39
 9.     Barang siapa ketika akan memasuki rumahnya membaca surat Al Fatihah dan Al Ikhlash, maka akan dihilangkan dari kemiskinan dan ditambah kebaikan.40
10.   Barang siapa ketika Imam sholat jum’at selesai mengucapkan salam, dan sebelum melipatkan kedua tangannya membaca surat Al Fatihah, Al Ikhlash dan Al Mu’awwidzatain 7x, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.41
11.   Membaca surat Al Fatihah , Al Ikhlash dan Al Mu’awwidzatain sebelum tidur, maka aman dari segala sesuatu kecuali kematian.42

“Tanbih”43
ü     Membaca ta’awudz untuk menolak segala kejelekan.
ü     Disunahkan membaca بسم الله الرحمن الرحيم untuk mengawali suatu perkara, baik pekerjaan ataupun ucapan. Jika meninggalkannya, maka seperti hewan yang terputus ekornya.
ü     Membaca basmalah 21x menjelang tidur, maka akan dijaga dari syetan, pencurian, mati mendadak dan semua bentuk mara bahaya.
ü     Jika membaca basmalah 50x dihadapan orang yang dzolim, maka orang yang dzolim tersebut akan dihinakan oleh Alloh.
ü     Jika membaca basmalah 100x pada penyakit apapun selama 3 hari, maka penyakit tersebut akan sembuh dengan izin Alloh.
ü     Membaca basmalah 786x pada air lalu diminum orang yang dituju, maka dia akan jatuh cinta dengan mendalam. Jika air tersebut diminum oleh orang yang otaknya tumpul pada saat matahari terbit selama 7 hari maka otaknya menjadi cerdas dan hafal semua yang didengar dengan izin Alloh.
ü     Membaca basmalah 12.000x, dan setiap 1000x membaca sholawat untuk Nabi SAW. Dan meminta apa saja yang dia inginkan, kemudian kembali meneruskan seperti cara diatas sampai selesai, maka apapun keinginannya akan terkabul dengan izin Alloh.

D. Al Baqoroh

بسم الله الرحمن الرحيم * الم * ذلك الكتاب لا ريب فيه * هدى للمتقين * الذين يؤمنون بالغيب ويقيمون الصلاة ومما رزقناهم ينفقون * والذين يؤمنون بما أنزل إليك وما أنزل من قبلك * وبالآخرة هم يوقنون * أولئك على هدى من ربهم وأولئك هم المفلحون * وإلهكم إله واحد * لاإله إلا هو الرحمن الرحيم * الله لاإله إلا هو الحي القيوم * لاتأخذه سنة ولا نوم * له ما في السموات وما في الأرض * من ذا الذي يشفع عنده إلا بإذنه * يعلم ما بين أيديهم وما خلفهم ولا يحيطون بشيئ من علمه إلا بما شاء * وسع كرسيه السموات والأرض ولا يؤده حفظهما وهو العلي العظيم * لا إكراه في الدين قد تبين الرشد من الغي * فمن يكفر بالطاغوت ويؤمن بالله فقد استمسك بالعروة الوثقى لا انفصام لها والله سميع عليم * الله ولي الذين آمنوا يخرجهم من الظلمات إلى النور * والذين كفروا أولياءهم الطاغوت يخرجونهم من النور إلى الظلمات * أولئك أصحاب النار هم فيها خالدون * لله ما في السموات وما في الأرض * وإن تبدوا ما في أنفسكم أو تخفوه يحاسبكم به الله * فيغفر لمن يشاء ويعذب من يشاء والله على كل شيئ قدير * آمن الرسول بما أنزل إليه من ربه والمؤمنون*كل آمن بالله وملائكته وكتبه ورسله لا نفرق بين أحد من رسله وقالوا سمعنا وأطعنا غفرانك ربنا وإليك المصير * لا يكلف الله نفسا إلا وسعها لها ما كسبت وعليها ما اكتسبت* ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا * ربنا ولا تحمل علينا إصرا كما حملته على الذين من قبلنا ربنا ولا تحملنا ما لا طاقة لنا به واعف عنا واغفر لنا وارحمنا أنت مولانا فانصرنا على القوم الكافرين *
Al Baqoroh mempunyai beberapa faedah, diantaranya:
1.      Orang yang membaca 4 ayat awal surat Al Baqoroh, ayat kursi 2 ayat setelah ayat kursi dan 3 ayat akhir surat           Al Baqoroh , maka:
?    Syetan tidak akan mendekatinya dan keluarganya.
?    Terhindar dari perkara yang dibenci.
?    Jika dibacakan pada orang yang gila maka akan sembuh.44
2.      Membaca Al Fatihah, 2 ayat terakhir Al Baqoroh dan Al Ikhlash, maka Alloh akan memberika petunjuk, ampunan dan keberuntungan dunia akhirat.45
3.      Membaca Al Fatihah dan akhir Surat Al Baqoroh, maka akan diberi kemanfa’atan pada setiap hurufnya.46
4.      Membaca AL Fatihah dan akhir surat Al Baqoroh dalam keadaan susah, maka Alloh akan memberikan pertolongan.47

E. Sholawat
اللهم صلّ أفضل الصلاة على أسعد مخلوقاتك نور الهدى سيدنا ومولانا محمد وعلى أله وصحبه وبارك وسلم عدد معلوماتك ومداد كلماتك كلما ذكرك الذاكرون وذكر عن ذكرك الغافلون. اللهم صل أفضل الصلاة على أسعد مخلوقاتك شمس الضحى سيدنا ومولانا محمد وعلى أله وصحبه وبارك وسلم عدد معلوماتك ومداد كلماتك كلما ذكرك الذاكرون وذكر عن ذكرك الغافلون. اللهم صل أفضل الصلاة على أسعد مخلوقاتك بدر الدجى سيدنا ومولانا محمد وعلى أله وصحبه وبارك وسلم عدد معلوماتك ومداد كلماتك كلما ذكرك الذاكرون وذكر عن ذكرك الغافلون.
اللهم صل وسلم على سيدنا محمد
صلى الله على محمد
Diantara Faedah dan keutamaan sholawat adalah:
1.      Barangsiapa membaca sholawat 1x dengan hati yang ikhlash, maka Alloh memberinya 10 rohmat, diangkat 10 derajat dan dihapus 10 kejelekan.48
2.      - Membaca sholawat 1x, maka Alloh     akan memberi 10 rohmat.
- Membaca sholawat 10x, maka Alloh akan memberi 100 rohmat.
- Membaca sholawat 100x, maka Alloh akan memberi 1000 rohmat.
- Membaca sholawat 1000x, maka tidak akan masuk neraka.49
3.      Membaca sholawat 100 x akan terhindar dari sifat munafik, terbebas dari api neraka dan pada hari kiamat ditempatkan bersama orang yang mati syahid.50
4.      Membaca sholawat 100x pada hari jum’at akan dihapus dosa-dosa selama 80 tahun.51
5.      sesorang yang hajatnya sulit terlaksana, maka dianjurkan untuk memperbanyak sholawat, karena bisa menghilangkan kesulitan, kesusahan, memperbanyak rizqi dan bisa mendatangkan hajatnya.52
F. Kalimat Syahadat

لاإله إلا الله محمد رسول الله

Diantara keutamaannya adalah:

1.      Membaca لاإله إلا الله محمد رسول الله sehari 1x, bisa menghapus dosa dalam sehari, karena dalam kalimat tersebutterdapat 24 huruf yang setiap hurufnya menghapus dosa satu jam.53

2.      Barangsiapa membaca kalimat لاإله إلا الله محمد رسول الله setiap hari 100x, maka dia akan datang dihari kiamat dengan wajah seperti bulan purnama.54
3.      lebih utamanya dzikir adalah لاإله إلا الله dan tidak ada suati dzikiranpun yang bisa menandinginya.55
4.      Bacaan لاإله إلا الله dapat menolak 99 musibah.56
5.      Membaca لاإله إلا الله dengan tanpa عجب (membanggakan diri), maka akan menjadi burung yang terbang dibawah ‘arsy dengan bertasbih bersama malaikat, sampai hari kiamat dan ditulis pahala untuk orang yang membacanya.57
6.      Membaca لاإله إلا الله 1x maka akan diampuni dosa kecilnya walaupun menyamai buih samudera.58
7.      Jika membaca
40x لاإله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين  dalam keadaan sakit, kemudian meninggal, maka akan mendapat pahala orang yang mati syahid. Dan jika sembuh, maka akan diampuni dosa-dosanya.59
8.      Bacaan لاإله إلا أنت  70.000 x bisa sebagai tebusan dari api neraka.60
9.      Membaca لاإله إلا الله dengan hati ikhlash, maka akan diampuni dosa besarnya, apabila dosanya tidak sebanyak itu, maka diampuni dosa kedua orang tuanya, keluarga dan tetangganya.61
10.  Membaca لاإله إلا الله الملك الحق المبين akan aman dari kefaqiran, aman dari siksa kubur dan dibukakan pintu surga untuknya.62
11.  Ketika engkau mempunyai hajat, maka kumpulkanlah kalimat tauhid dengan salah satu asma Alloh yang sesuai dengan permintaanmu dan selalu dibaca dengan khusyuk, maka hajatmu akan terpenuhi. Contoh ketika engkau meminta rizqi, maka ucapkanlah لاإله إلا الله الرزاق.63

G. Istighfar

استغفر الله العظيم

Istighfar mempunyai beberapa faedah diantarnya:
1.      Istiqomah membaca istighfar akan diberikan jalan keuar dalam setiap kesulitan, kebahagiaan dalam setiap kesusahan dan rizqi yang tak terduga.64
2.      Barangsiapa membaca Istighfar 70x dalam sehari semalam, maka Alloh akan menghapus 700 dosa-dosanya.65
3.      Perbanyaklah membaca Istighfar, karena dalam sehari-semalam kanjeng Nabi beristighfar 70 x.66

H. Tasbih

سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم

Diantara keutamaan kalimat tasbih yaitu :
1.      Barang siapa yang membaca
 سبحان ربي العظيم akan ditanamkan pohon dalam surga baginya.67
2.      Membaca سبحان الله وبحمده 100x diwaktu pagi dan sore, maka orang tersebut akan membawa amal yang paling utama dihari kiamat.68
3.      Orang yang membaca
سبحان الله وبحمده  سبحان الله العظيم 100x dalam sehari, maka kesalahannya akan dihapus walaupun menyamai buihnya laut.69
4.      sesungguhnya yang paling disukai Alloh ada 4 :
سبحان الله , والحمد لله, ولاإله إلاالله , والله أكبرdimulai dari manapun.70
5.       Dua kalimat yang mudah diucapkan, disukai Alloh, namun berat dalam timbangan amal yaitu :71
سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
6.      Membaca
 سبحان الله , والحمد لله, ولاإله إلاالله , والله أكبر bisa menghapus semua kesalahan sebagaimana daun yang gugur dari tangkainya.72

I. Lain-lain
1.      Kalimat لاحول ولا قوة إلا بالله  merupakan satu diantara beberapa pintu surga.73
2.      Kalimat ارحمنا يا أرحم الراحمين jika dibaca 7x, maka akan mendapat rohmat Alloh, karena surga tidak bisa didapat kecuali dengan mendapat rohmat-Nya.74

J. Do’a
الحمد لله رب العالمين حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطانك اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الأهوال والأفات وتقضي لنا بها جميع الحاجات وتطهرنا بها من جميع السيئات وترفعنا بها عندك أعلى الدرجات وتبلغنا بها أقصى الغايات من جميع الخيرات في الحياة وبعد الممات اللهم أوصل وتقبّل ثواب ما قرأناه وما تلوناه من الفاتحة وسورة الإخلاص والمعوذتين وغير ذلك وما سبحناه وحمدناه ومن قولنا حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم وما هللناه من قولنا لا إله إلا الله محمد رسول الله صلى الله عليه وسلم وما صليناه على سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم اللهم اجعل ثواب ذلك كله هدية واصلة ورحمة منك نازلة وبركة شاملة إلى حضرة سيدنا ومولانا محمد صلى الله عليه وسلم وحضرة آبائه وإخوانه من النبيينن والمرسلين وأل كل وأصحاب كل أجمعين والتابعين وتابعي التابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين وإلى حضرة الأئمة الأربعة المجتهدين والعلماء العاملين والصوفية المحققين والشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقا خصوصا إلى حضرة أولياء الله تعالى أينما كانوا من مشارق الأرض ومغاربها برها وبحرها وجبالها وأوديتها خصوصا إلى حضرة الشيخ القطب الرباني والعارف الصمداني الشيخ عبد القادر الجيلاني رضي الله عنه أجمعين أعاد الله علينا من شفاعتهم وبركاتهم وكرماتهم في الدنيا والأخرة آمين يا رب العالمين خصوصا خاصا إلى حضرة آبائنا وآباء آبائنا وأمهاتنا وأمهات أمهاتنا وأجدادنا وأجداد اجدادنا وجداتنا وجدات جداتنا وأخوالنا وخالاتنا وأعمامنا وعماتنا ومشايخنا ومشايخ مشايخنا وجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات من أمة سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم ونخص خصوصا خاصة إلى حضرة من كانت القرأةوالتلاوة بسببه أنت تعلم به وباسمه...... ابن..... اللهم اجعل ذلك فداء لهم من النار وحجابا لهم من النار واشتراء لهم من النار وسترا لهم من النار اللهم اغفر لهم وارحمهم واعف عنهم واستر عيوبهم وتب توبتهم وتقبل أعمالهم ونور قبرهم واجعل الجنة مأواهم ومدخلهم برحمتك يا أرحم الراحمين اللهم اجعل قبرهم روضة من رياض الجنان ولا تجعل قبرهم حفرة من حفر النيران 3 اللهم بحق سيدنا وبحق آل سيدنا محمد ارحمهم ولا تعذبهم 3 ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار و صلى الله على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه أجمعين سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين الفاتحة.....  
            Do’a adalah pedang bagi orang mukmin, tiang agama dan cahayanya langit dan bumi. Do’a akan lebih cepat dikabulkan ketika orang-orang Islam berkumpul dalam majlis dzikir dan ketika khtaman Al Qur’an. Do’a juga menjadi sum-sumnya ibadah, sedang sum-sumnya segala sesuatu adalah ikhlash.75
            Berdo’alah kepada Alloh dan yakinlah do’amu akan terkabul karena sesungguhnya do’a adalah ibadah, sedangkan orang yang beribadah tidak akan di halang-halangi dari pahala.
            Do’anya seorang muslim pada saudaranya yang ghoib akan dikabulkan dan diatas kepalanya ada malaikat muwakkal (malaikat yang dipasrahi) selama ia berdo’a untuk kebaikan. Malaikat muwakkal juga akan mengucapkan Amin untuk do’anya dan baginya menyamai kebaikan do’a tersebut. Barang siapa tidak meminta anugerah pada Alloh, maka Alloh akan murka padanya.76
            Sesungguhnya pada tiap-tiap malam ada satu masa yang apabila seseorang berdo’a pada masa itu, pasti akan terkabul do’anya. Untuk mengetahui masa itu, maka ketika menjelang tidur sering-seringlah membaca:77
إن الذين آمنوا وعَمِلُوا الصالحاتِ كانت لهم جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً ( الكهف : 107 )
Ketika tiba masa istimewa itu, dia pasti akan terjaga dan terbangun. Dan perlu diingat do’a dengan suara lirih itu lebih utama daripada 70 do’a dengan suara keras.78
            Barang siapa ingin pahalanya diukur dengan ukuran yang lebih sempurna pada hari kiamat, maka akhirilah do’a dengan membaca:79

سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين
Dan do’a seseorang tidak akan sampai ke akhirat jika tidak disertai membaca sholawat pada nabi.80

VII. AYAT KURSI

الله لاإله إلا هو الحي القيوم v لاتأخذه سنة ولانوم v له مافي السموات وما في الأرض v من ذا الذي يشفع عنده إلا بإذنه v يعلم ما بين أيديهم وما خلفهم ولايحيطون بشيئ من علمه إلا بماشاء v وسع كرسيه السموات والأرض ولا يؤده حفظهما وهو العلي العظيم.

Didalam ayat kursi terdapat beberapa keistimewaan, diantaranya:
1.      Saat ayat kursi  diturunkan, turunlah 40.000 malaikat menyertainya untuk memuliakan derajatnya. Dalam sebagian riwayat mengatakan 60.000 atau 70.000 menurut Imam Dairobi. ketika itu robohlah semua berhala didunia, tertunduklah wajah seluruh raja, sehingga mahkota merka jatuh dari kepala. Sedangkan syetan-syetan lari berdesakan tak tentu arah. Kemudian mereka berkumpul untuk melaporkan kejadian tersebut pada Iblis Alaihi La’nat. mendengar hal itu, iblispun memerintahkan sebuah infestigasi, maka berputarlah syetan mulai bumi bagian timur hingga barat. Ketika sampai di Madinah, taulah mereka, ternyata ayat kursi telah diturunkan. 81
2.      Ayat kursi merupakan sayyidul Qur’an yang didalamnya terdiri dari 50 kalimat, setiap kalimat mengandung 50 barokah.
3.      Ketahuilah ayat kursi adalah ayat yang agung derajatnya, dan mempunyai kemanfa’atan secara umum. Siapa yang berdo’a dengan ayat kursi, Alloh akan segera mengabulkan do’anya dan menolongnya dalam setiap kebaikan.82
4.      Selalu membaca ayat kursi di dunia menjadi tanda keberuntungan di akhirat. Karena orang fasik dan munafik tidak bisa rutin membaca ayat kursi bersamaan dengan sifat fasiknya, kecuali Alloh akan menjadikannya orang yang mempunyai sifat shidiq, sehingga ia menjadi orang yang sholeh.83
5.      Andaikan pahala ayat kursi dibagi pada seluruh penduduk bumi, niscaya setiap orang mendapatkan bagian 10 x lipat dunia.84
Selain itu ayat kursi juga mempunyai banyak faedah, yaitu:
1.      Seseorang yang selalu membaca ayat kursi akan dijauhkan dari musibah, penyakit dan akhlaq tercela, sehingga ia menjadi orang yang mempunyai akhlaq terpuji karena sirri/rahasia ayat ini.85
2.      Barang siapa istiqomah membaca ayat kursi, Alloh akan menjadikannya pengasih, dermawan, penyayang, lemah lembut seperti para Nabi dan para wali.
3.      Orang yang rutin membaca ayat kursi akan dicintai Alloh dan dijaga sebagaimana Alloh menjaga kekasih-Nya SAW.86
4.      Orang yang selalu rutin membaca ayat kursi, maka Alloh memberinya pahala menyamai timbangan Al Kursiy. Dalam sebuah riwayat disebutkan, Alloh telah menciptakan Al Kursiy meliputi 7 langit.87
5.      Barang siapa membaca ayat kursi, maka Alloh akan mengutus malaikat untuk mencatat pahala kebaikan-kebaikan untuknya, dan menghapus dosa-dosanya mulai saat itu sampai esok harinya.88
6.      Rumah yang didalamnya dibacakan ayat kursi, syetan tak akan menjamahnya selama 30 hari dan tidak akan dimasuki tukang sihir selama 40 malam.89
7.      Perbanyaklah membaca ayat kursi karena pada setiap hurufnya ditulis 40.000 amal kebaikan, 1000 barokah dan 1000 rohmat.90
8.       Seorang mukmin yang membaca ayat kursi dan pahalanya dihadiahkan untuk ahli kubur maka Alloh memasukkan 40 cahaya pada kubur mulai timur sampai barat, melapangkan hati dan mengangkat derajat mereka. Bagi pembacanya diberikan pahalanya 60 Nabi serta untuk setiap hurufnya Alloh menciptakan Malaikat yang bertasbih sampai hari kiamat.91
9.      Jika orang mukmin laki-laki atau perempuan membaca ayat kursi dan menghadiahkan pahalanya untuk ahli kubur, maka Alloh akan memberikan cahaya pada setiap kubur, meluaskan kubur mereka dari wilayah timur sampai barat, dan memberi mereka 10 kebaikan sebanyak jumlah Malaikat dilangit. Bagi pengirimnya dituliskan pahala 70 orang yang mati syahid dan diberi pahala 100.000 dinar di jalan Alloh.92
10.  Ayat kursi merupakan ayat yang terpilih dari kalam Al Qur’an, Barangsiapa yang selalu membacanya akan menjadi orang yang terpilih dihadapan manusia dan disisi Alloh di dunia dan di akhirat.93
11.  Jika ia meminta kecukupan dengan membaca ayat kursi kemudian dia berdo’a dengan apa yang ia kehendaki, maka Alloh akan segera memenuhi hajatnya.94
12.  Barang siapa membacanya setiap selesai sholat fardlu, maka dibukakan baginya 8 pintu surga yang mana ia bisa masuk dari pintu yang ia kehendaki.95
13.  Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardlu, maka dibukakan baginya 8 pintu surga yang mana ia bisa masuk dari pintu yang dikehendaki.96
14.  Seseorang yang membaca ayat kursi ketika menjelang tidurnya, maka akan dijaga oleh 2 malaikat sampai pagi dan terlindungi dari gangguan jin ifrit.97
15.  Barang siapa membaca ayat kursi, ketika keluar rumah, maka akan terpenuhi hajatnya, diampuni dosa-dosanya, disingkirkan syetan-syetan darinya, para malaikat menjaganya dari mara bahaya, jin, manusia dan segala sesuatu yang ditakutinya.98
16.  Nabi bersabda : Jika seseorang keluar rumah kemudian membaca ayat kursi, maka Alloh mengutus 70.000 malaikat untuk memohonkan ampun dan mendo’akannya. Jika ia pulang kerumah kemudian membaca ayat kursi, maka Alloh menghilangkan kefakiran diantara dua matanya.99
17.  seseorang yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardlu, maka Alloh memerintahkan malaikat maut untuk mencabut nyawanya dengan halus.100
18.  Nabi bersabda : membaca ayat kursi pada malam lailatul qodar lebih disukai Alloh, daripada menghatamkan Al Qur’an pada malam yang lain.101
19.  Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah sholat fardlu, maka diampuni dosanya dan ditebus segala kesalahannya sampai sholat fardlu berikutnya.102
20.  Barangsiapa yang membaca ayat kursi menjelang tidur, maka akan menjadi penjaganya dari syetan, Alloh akan mengamankan rumahnya, rumah tetangganya dan rumah-rumah kecil disekitarnya.103
21.  Barangsiapa selalu membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardlu, ketika masuk rumah, menjelang tidur, pergi kepasar atau yang lainnya, maka Alloh akan menjaganya dari godaan syetan, perbuatan jahat penguasa, seluruh manusia, dan hewan berbahaya, dan juga Alloh akan menjaganya, Istri, anak-anak dan hartanya dari pencurian, tenggelam maupun kebakaran dengan izin Alloh tubuhnya sehat dan terhindar dari penyakit.104
22.  Nabi bersabda : siapapun yang selalu membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardlu, Alloh akan menjadikannya mempunyai hati yang bersyukur, amal orang yang jujur, pahala para Nabi, Alloh meluaskan rohmatnya dan tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian. Dalam kitab Bahrul Ulum terdapat tambahan, tak ada yang bisa melakukannya kecuali para Nabi, orang yang jujur (shiddiq), hamba yang dibersihkan hatinya dengan iman atau orang yang dikehendaki kematiannya di jalan Alloh.105
23.  Dari Nabi SAW : “ Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardlu, maka terbukalah pintu 7 langit dan tidak akan tertutup kembali sebelum Allah melihat dan mengampuninya kemudian Allah memerintahkan malaikat mencatat kebaikan-kebaikannya mulai saat itu sampai hari esok.106
24.  Membaca ayat kursi setelah sholat fardlu disunahkan bagi imam dan ma’mum dinuqil dari beberapa riwayat dan hadis,dengan membaca ayat kursi pada waktu yang dimuliakan ini, dia akan mendapatkan kebahagiaan yang agung dan derajat surga yang tinggi.107
25.  Siapa yang membaca ayat kursi setelah sholat ashar sampai maghrib, maka akan mendapatkan kebaikan dan siri-siri yang tidak dapat diukur / dihitung.108
26.  Ketahuilah ! Huruf ayat kursi itu 70, kalimatnya 50, fashalnya 28, siapa yang membacanya pada awal siang maka dia berada pada perlindungan Allah dari godaan syetan dan kejahatan penguasa, siapa yang membacanya pada awal tengah malam dengan menghadap kiblat di tempat sepi sebanyak jumlah hurufnya kemudian berdo’a memohon hajat, maka akan dipenuhi.109
27.  Siapa yang membaca ayat kursi sebanyak fashal atau kalimat atau hurupnya atau jumlah Rosul atau tentara Raja Tholuth atau pasukan perang Badar yaitu 313 (jumlah ini disebut jumlah mubarok), maka: mendapatkan kedudukan yang diinginkan dan memperoleh sesuatu yang diharapkan. Menjadi seorang pemberani, disegani dan dicinta. Menurut syekh Al Buni ia akan dita’ati oleh semua orang, tidakada yang mampu mencelakainya baik dengan ucapan ataupun perbuatan selama hidupnya.*. Mendapat kemulyaan disisi Allah dan dihadapan manusia yang ia sendiri pun tak mampu untuk menggambarkannya. Allah membukakan pintu-pintu rizki dan kebaikan untuknya.110
28.  Barang siapa membaca ayat kursi walaupun hanya satu kali, dia akan bisa melihat Allah pada hari kiamat seperti tersirat dalam firman Allah :111
وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ ( القيامة : 22-23 )
29.  Barang siapa membaca ayat kursi 12 kali pada hari jum’at, berwudlu, kemudian sholat 2 rokaat, maka akan dilindungi dari godaan syetan dan kejahatan penguasa, dia menempati derajat orang yang mengkhatamkan Al-Quran 3 kali, pada hari kiamat ia akan dipakaikan mahkota dari cahaya yang menerngi penghuni padang mahsyar.112
30.  membacakan ayat kursi sebanyak 50 kali pada barang yang sedikit, maka akan bertambah barokahnya.113
31.  Membaca ayat kursi sebanyak jumlah asma’ Nabi yaitu 201 dan meminta kepada Allah sebuah hajat dunia atau akhirat maka akan terpenuhi hajatnya.114
32.  Barang siapa membaca ayat kursi sebanyak jumlah hurufnya (170) maka ia memperoleh derajat yang agung dihadapan manusia, menjadi orang yang dicinta dan dimuliakan para raja,patih dan hakim. Allah membukakan pintu-pintu kebaikan, faidah-faidah ilmu yang tersimpan dan hikmah lahir batin. Allah menundukkan kaum Adam dan Hawa, jin, setan dihadapannya, ia dapat melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya, layaknya para penguasa. Apabila datang orang alim kepadanya untuk mengajukan 1000 masalah, maka orang alim tersebut akan menjadi bingung dan lupa seketika.115
33.  Barang siapa membaca ayat kursi 18 x, maka Allah akan menghidupkan hatinya dengan ruh tauhid, membukakan hatinya untuk mengetahui hikmah-hikmah yang lembut, melapangkan rizqinya, meninggikan derajatnya, dan menjadikannya disegani oleh setiap orang yang melihatnya.116
34.  seseorang yang selalu membaca ayat kursi sebanyak 17 x setiap selesai sholat fardlu, maka ia akan dicintai seluruh makhluk langit dan bumi, didengar perkataannya, diterima perbuatannya, ditakuti musuh dan dicintai kekasihnya, selalu dalam perlindungan Allah selama dia selalu membacanya.117
35.  Barang siapa membaca ayat kursi sebanyak 17 x setelah sholat ashar hari jum’at ditempat yang sepi, maka ia akan merasakan sesuatu yang belum pernah diketahui, jika ia berdo’a pada waktu itu maka do’anya akan dikabulkan.118
36.  Makanan-makanan atau uang yang sedikit jika dibacakan ayat kursi, maka akan bertambah barokahnya, begitu juga dibacakan pada gandum merah atau putih, beras atau makanan pokok yang lain dengan cara sebagai berikut : bacalah ayat kursi, kemudian tiupkan diatasnya sampai sempurna jumlah utusan ( 313 ).119
37.  Ayat kursi bisa untuk mengusir setan dan menjaga rumah, dengan cara : dibacakan pada 4 sudutnya.120
38.  Seorang yang membaca ayat kursi sebelum melakukan pekerjaan dengan niat supaya dimudahkan urusannya, maka Allah akan memberinya kemudahan.121
39.  Ayat kursi memberikan kemanfa’atan bagi pembacanya kapan dan dimana saja, khususnya ketika berbekam            (cantuk). Membaca ayat kursi ketika berbekam bermanfa’at seperti 2x cantuk. Baginda Nabi melarag keras berbekam pada hari selasa dan jum’at karena hari itu hari darah tidak bisa berhenti, sehingga bisa menyebabkan kematian, kecuali jika bertepatan dengan tanggal 17, sebab berbekam pada tanggal ini menjadi obat satu tahun. Beliau juga melarang memotong kuku pada hari selasa karena bisa menyebabkan penyakit lepra.122
40.  Disaat engkau takut akan datangnya bahaya, musibah, atau musuh, maka menghadaplah pada arah datangnya musuh,bacalah ayat kursi sebanyak jumlah kalimat (50) atau hurufnya (170), insyaallah kau takkan celaka.123
41.  Jika engkau berada ditempat yang berbahaya, buatlah garis berbentuk lingkaran dengan membaca ayat kursi, kemudian masuklah engkau dan rombonganmu dengan posisi engkau didepan dan rombonganmu dibelakang, serta bacalah ayat kursi dengan menghadap arah datangnya musuh, maka mereka takkan bisa melihat ataupun melukaimu.124
42.  Barang siapa membaca ayat kursi ketika sakit, maka diberi kemudahan ketika sakarotul maut.125
43.  Dalam ayat kursi terdapat lafadz        الحي القيوم yang dalam sebuah riwayat disebut-sebut sebagai asma Allah yang paling agung, ketika Nabi Isa as hendak membangkitkan beliau berdo’a dengan   يا حي يا قيوم , asma ini juga merupakan do’a pelaut ketika takut tenggelam.126
44.  Barang siapa mempunyai hajat tapi semua pintu rizki tertutup untuknya,    m a k a   b e r d z i k i r l a h   d e n g a n                  3000x  يا كافي يا غني   يا  فتاح يا رزاق , atau ayat kursi 170x dan يا كافي إلخ 2x, maka atas izin Allah ia akan menjadi orang yang berkecukupan dan dibukakan pintu-pintu rizqi yang ia kehendaki.127
45.  Membaca ayat kursi ketika marah kemudian meludah ke arah kiri, maka dipenjara syetannya dan hilang kemarahannya.128
46.  Barang siapa membaca ayat kursi pada air hujan sebanyak jumlah kalimat (50) dengan tujuan agar bertambah akal dan kefahamannya, kemudian diminum maka Allah akan menjadikan akal dn kefahamannya bertambah.129
47.  Seseorang yang menulis ayat kursi pada sesuatu, dengan izin Allah ia akan terjaga dari marabahaya dan ancaman hewan yang bergerak pada malam ataupun siang hari.130
48.  Ayat kursi bisa untuk melindungi hewan ternak dari hewan buas, dengan cara : ditulis pada kertas dan dikalungkan pada leher hewan tersebut.131
49.  Jika kamu akan menemui orang yang sombong atau hakim atau penjahat, bacalah ayat kursi kemudian bacalah do’a dibawah ini :
 يا حَيُّ يا قَيُّوْمُ يا بَدِيْعَ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ يَاذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ أَسْأَلُكَ بِحَقِّ هَذِهِ اْلأَيَةِ الكريمة و مَا فِيْهَا مِنَ اْلأَسْمَاءِ الْعَظِيْمَةِ أَنْ تَلْجَمَ فَاهُ عَنَّا و تَحْرَسَ لِسَانَهُ حَتَّى لاَ يَنْطِقَ إِلاَّ بِخَيْرٍ أَوْ يَصْمُتَ خَيْرُكَ يَا هَذَا بَيْنَ عَيْنَيْكَ وَ شَرُّكَ قَدَمَيْكَ
kemudian masuklah, Allah akan mengendalikan mulutnya sehingga engkau tidak akan menemui     kesulitan. 132
50.  Ayat kursi untuk menyembuhkan sakit gigi, dengan cara : usapkan tanganmu pada pipi orang yang sakit sambil membaca:133
بسم الله الرحمن الرحيم أَوَلَمْ يَرَ اْلإِنْسَانُ إِنَّا خَلَقْنَاهُ مِنْ نُطْفَةٍ فَإِذَا هُوَ خَصِيْمٌ مُبِيْنٌ إِلَى أَخِرِ سورة يس + أية الكرسي + وَ لَهُ مَا سَكَنَ فيِ اللَّيْلِ وَ النَّهَارِ وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ + ثُمَّ سَوَّاهُ وَنُفِخَ فِيْهِ مِنْ رُوْحِهِ وَجَعَلَ لَكُمْ السَّمْعَ وَاْلأَبْصَارَ وَاْلأَفْئِدَةَ قَلِيْلاً مَا تَشْكُرُوْنَ وَ نُنَزِّلَ مِنَ الْقُرْأَنِ مَا هُوَ شِِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ.
51.  Ayat kursi untuk mengobati penyakit hati, jantung, limpa, dengan cara : ayat kursi ditulis dalam wadah yang suci 3x dan diminumkan pada pasien, dan ketika meminum membaca                نَوَيْتُ الشِّفَاءَ مِنَ اْلعِلَّةِ .............. dan disebutkan penyakitnya, dengan izin Allah dia akan sembuh dengan barokah ayat ini.134
52.              Ayat kursi juga bisa mengobati setiap penyakit di tubuh, dengan cara : tulislah ayat kursi pada piring kaca dengan minyak misik / za’faron / air mawar 3x       s e t  e l a h    it u    t u l i s l a h                        لَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْأَنَ إِلَى أَخِرِ سورة الحشر +      
وَلَوْ أَنَّ قُرْأَنًا سُيِّرَتْ بِهِ الْجِبَالُ الأية(سورة الرعد 31)
kemudian bacalah ayat kursi 7x kemudian ditiupkan diatasnya dan diminumkan 3 hari pada pagi dan sore, insya Alloh akan sembuh dari segala jenis penyakit.135
53.  Diceritakan dari seorang ulama’ : suatu ketika kami sedang dalam sebuah perjalanan bersama guru kami (H. Ibrohim Affandi) pada musim hujan, kemudian turun hujan dan salju disertai angin kencang, cuaca saat itu benar-benar buruk sehingga kami tidak bisa meneruskan perjalanan dan waktupun terbuang dengan sia-sia.Akhirnya kami diperintahkan untuk membaca ayat kursi, ketika sampai pada lafadz          ولا يؤده حفظهما وهو العلي العظيم  setelah itu kembali ke awal ayat lalu dibaca seperti yang awal begitu seterusnya. Kemudian guru berdo’a : فَتَحَ الله عَلَيْنَا الشَّمْسَ كَاْلإِكْلِيْلِ, kamipun meneruskan perjalanan dalam keadaan hujan, sampai kami memasuki sebuah desa, para penduduk melihat kami dengan ta’jub. Karena hujan dan salju turun dengan lebatnya sedangkan kami tetap dalam keadaan kering. Guru berkata : ketika kamu sudah tidak mampu mencapai tujuan dan mencegah keburukan, maka bacalah ayat kursi seperti diatas, Allah akan memudahkan keinginanmu dan mencegah apa yang kau takutkan.136
Rutinlah membaca ayat kursi sehari 1x dan mengulang lafadz ,
ولا يؤده حفظهما وهو العلي العظيم  70 x

 

DO’A AYAT KURSI


Syekh Abu Hamid berkata : Do’a ini (do,a ayat kursi) adalah do’a yang mubarok, tiada do’a yang lebih cepat untuk menghilangkan kesusahan pada waktu-waktu yang sulit. Bacalah ayat 33x, kemudian bacalah do’a dibawah ini 7x pada akhirnya waktu isya’ setelah melakukan sholat, ditempat yang suci dan jauh dari manusia.
Sebagian أهل الخواص berkata : barang siapa selalu membaca do’a ini setelah membaca ayat kursi sebanyak jumlah kalimat (50) atau hurufnya (170), maka Allah akan menunjukkan kaum Adam dan Hawa, membukakan pintu-pintu yang tertutup baginya dan memudahkan urusannya.

( بسم الله الرحمن الرحميم ) الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه وسلم اللهم إني أَسْأَلُكَ وَأَتَوَسَّلُ إِلَيْكَ يا الله 3x يا رحمن 3x يا رحيم 3x ياهْ 3x يارَبَّاهُ3x ياسَيِّدَاه 3x يَاهُو 3x يا غِيَاثِيْ عِنْدَ شِدَّتِيْ يَا أَنِيْسِيْ عِنْدَ وَحْدَتِيْ يَا مُجِيْبِيْ عِنْدَ دَعْوَتِيْ يا الله 3x ( الله لا إله إلا هو الحي القيوم ) يا حي يا قيوم يَامَنْ تَقُوْمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضَ بِأَمْرِهِ يَاجَامِعَ الْمَخْلُوْقَاتِ تَحْتَ لُطْفِهِ وَقَهْرِهِ أَسْأَلُكَ اللهم أَنْ تُسَخِّرَ لِيْ رُوْحَانِيَةَ هَذِهِ اْلأَيَةِ الشَّرِيْفَةِ تُعِيْنِيْ عَلَى قَضَاءِ حَوَائِجِيْ يَا مَنْ (لاَ تأخذه سنة ولا نوم) اِهْدِنَا إِلَى الْحَقِّ وَإِلَى طَرِيْقٍ مُسْتَقِيْمٍ حَتَّى أَسْتَرِيْحَ مِنَ اللَّوْمِ لا إله إلا أنت سبحانك إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ يَامَنْ (له ما في السموات وما في الأرض من ذا الذي يشفع عنده إلا بإذنه) اللهم اشْفَعْ لِيْ وَأَرْشِدْنِيْ فِيْمَا أُرِيْدُ مِنْ قَضَاءِ حَوَائِجِيْ وَإِثْبَاتِ قَوْلِيْ وَفِعْلِيْ وَعَمَلِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ يَا مَنْ (يعلم ما بين أيديهم وما خلفهم ولا يحيطون بشيء من علمه) يَا مَنْ يَعْلَمُ ضَمِيْرَ عِبَادِهِ سِرًّا وَجَهْرًا أَسْأَلُكَ اللهم أَنْ تُسَخِّرَ لِيْ خُدَّامَ هَذِهِ اْلأَيَةِ الْعَظِيْمَةِ وَالدَّعْوَةِ الْمُنِيْفَةِ يَكُوْنُوْنَ لِيْ عَوْنًا عَلَى قَضَاءِ حَوَائِجِي هَيْلاً x2 جَوْلاً x2 مِلْكًا x2 يَا مَنْ لاَ يَتَصَرَّفُ فِيْ مُلْكِهِ (إلا بما شاء وسع كرسيه السموات والأرض) سَخِّرْ لِيْ عَبْدَكَ كَنْدِيَاسَ حَتَّى يُكَلِّمُنِيْ فِيْ حَالِ يَقْظَتِيْ وَيُعِيْنُنِيْ فِيْ جَمِيْعِ حَوَائِجِي يَا مَنْ (ولا يؤده حفظهما وهو العلي العظيم) يا حميد يا مجيد يا باعث يا شهيد يا حق يا وكيل يا قوي يا متين كُنْ لِيْ عَوْنًا عَلَى قَضَاءِ حَوَائِجِي بِأَلْفِ أَلْفِ لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم أَقْسَمْتُ عَلَيْكَ أَيُّهَا السَّيِّدُ الْكَنْدِيَاسِ أَجِبْنِيْ أَنْتَ وَخُدَّامَكَ وَأَعِيْنُنِيْ فِيْ جَمِيْعِ أُمُوْرِيْ بِحَقِّ مَا تَعْتَقِدُوْنََهُ مِنَ اْلعُظْمَةِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَبِحَقِّ هَذِهِ اْلأَيَةِ اْلعَظِيْمَةِ وَبِسَيِّدِنَا محمد عليه الصلاة والسلام.


1. Riyadush sholihin Lil Imam Abi Zakariya bin syarof An Nawawi
2. Hujjatu Ahli Sunnah Wal Jama’ah
3 I’anatuth Tholibin Juz 3
4 I’anatuth Tholibin Juz 2
5 I’anatuth Tholibin Juz 2
6 I’anatuth Tholibin Juz 3
7 I’anatuth Tholibin Juz 3
8 I’anatuth Tholibin Juz 3
11 I’anatuth Tholibin Juz 4
14 Tafsir Surat Al Ikhlash
15 Tafsir Surat Al Ikhlash
16 Nazhatul Muttaqien
17 Tadzkirotul Qurthubi
18 Tadzkirotul Qurthubi
19 Tafsir Al Hanafy
20 Irsyadul ‘Ibad
21 Tafsir surat Al Ikhlash
22 Tafsir surat Al Ikhlash
23 Khowas Al Qur’an
24 Khowas Al Qur’an
25 Khowas Al Qur’an
26 Tafsir Al Mu’awwidzatain
27 Tafsir Al Mu’awwidzatain
28 Tafsir Al Mu’awwidzatain
29 Tafsir Al Mu’awwidzatain
30 Tafsir Al Mu’awwidzatain
31 Nazhatul Muttaqien
32 At Tahlil wal Fawaid
33 Tafsir Al Fatihah
34 Tafsir Al Fatihah
35 Tafsir Al Fatihah
36 Tafsir Al Fatihah
37 Tafsir Al Fatihah
38 Tafsir Al Fatihah
39 Tafsir Al Fatihah
40 Tafsir Al Fatihah
41 Al Jami’ As Shoghir
42 At Tahlil Wal Fawaid
43 Tafsir Al Fatihah
44 Tafsir Ayat Kursi
45 Nazhatul Muttaqien
46 Tahlil Wal Fawaiduhu
47 Tahlil Wal Fawaiduhu
48 Ihya Ulumuddin
49 Tanqihul Qoul
50 Irsyadul ‘Ibad
51 Dalailul Khoirot
52 Dalailul Khoirot
53 Tanqihul Qoul
54 Tanqihul Qoul
55 Irsyadul ‘Ibad
56 Tanqihul Qoul
57 Tanqihul Qoul
58 Tanqihul Qoul
59 Fathul Mu’in
60 Tahlil Wal Fawaid
61 Bughyatul Mustarsyidin
62 Tanqihul Qoul
63 Tafsir Ayat Kursi
64 Irsyad Al Ibad
65 Irsyad Al Ibad
66 Tahlil Wal Fawaid
67 Riyadush Sholihin
68 Riyadush Sholihin
69 Tahlil Wal Fawaid
70 Irsyadul ‘Ibad
71 Tahlil Wal Fawaid
72 Bughyatul Mustarsyidin
73 Tahlil Wal Fawaid
74 Tahlil Wal Fawaid
75 Tafsir ayat kursi
76 Tafsir ayat kursi
77 Tafsir ayat kursi
78 Tafsir ayat kursi
79 Tafsir ayat kursi
80 Tafsir ayat kursi
81 Tafsir khozinatul asror
82 Tafsir ayat kursi
83 Tafsir ayat kursi
84 Tafsir ayat kursi
85 Tafsir ayat kursi
86 Tafsir ayat kursi
87 Dalailun Nubuwwah
88 Tafsir ayat kursi
89 Tafsir ayat kursi
90 Roudlotul Muttaqin
91 Tafsir ayat kursi
92 Tafsir ayat kursi
93 Tafsir ayat kursi
94 Tafsir ayat kursi
95 Tafsir ayat kursi
96 Syamsu al Ma’arif
97 Tafsir ayat kursi
98 Syamsu al ma’arif
99 Tafsir ayat kursi
100 Tafsir ayat kursi
101 Tafsir ayat kursi
102 Tafsir ayat kursi
103 Tafsir ayat kursi
104 Khowas al qur’an
105 Tarikh Baghdad dan addur al mantsur
106 Tafsir ayat kursi
107 al burhan
108 Tafsir ayat kursi
109 Tafsir ayat kursi
110 Tafsir ayat kursi
111 Tafsir al hanafy
112 Tafsir ayat kursi
113 Tafsir ayat kursi
114 Tafsir ayat kursi
115 Tafsir ayat kursi
116 Tafsir ayat kursi
117 Tafsir ayat kursi
118 Tafsir ayat kursi
119 khowas al qur’an
120 Tafsir ayat kursi
121 Tafsir ayat kursi
122 rouhul bayan
123 Tafsir ayat kursi
124 Tafsir ayat kursi
125 Tafsir ayat kursi
126 Tafsir ayat kursi
127 Tafsir ayat kursi
128 Tafsir ayat kursi
129 Tafsir ayat kursi
130 Tafsir ayat kursi
131 Tafsir ayat kursi
132 Tafsir ayat kursi
133 Tafsir ayat kursi
134 Tafsir ayat kursi
135 khowas al qur’an
136 Tafsir ayat kursi
sumber: kajian Nirwana Team 2006

Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top