Sabtu, 01 Maret 2014

Kemeriahan Pernikahan Nabi Adam as dan Siti Hawa

Assalamu'alaikum..

ثم ان الله تعالى مسح على ظهر آدم فأخرج منه ذريته كهيئة الذرما بين أبيض وأسود من ذكر وأنثى وأفاض عليهم من نوره فمن أصابه من ذلك النور كان مؤمنا ومن لم يصبه كان كافرا ومنهم طائفة لهم نور ساطع فقال يارب من هؤلاء قال الأنبياء من ذريتك يا أدم ثم زوج الله تعالى أدم بحواء وكان ذلك يوم الجمعة بعد الزوال ولهذا سن عقد التزويج فى يوم الجمعة.
وقيل كان آدم أحسن من حواء ولكن كانت حواء ألطف وألين ثم أوحى الله تعالى الى رضوان خازن الجنان أن يزخرف القصور ويزين الولدان والحور وخلق لآدم فرسا من المسك الأذفر يسمى الميمون كالبرق الخاطف فلما أحضر بين يدى آدم ركبه وأحضر لحواء ناقة من نوق الجنة وعليها هودج من اللؤلؤ فركبت فيه على الناقة فأخذ جبرائيل عليه السلام بلجام الفرس ومشى ميكائيل عن يمينه واسرافيل عن يساره وطافوا به فى السموات كلها وهو يسلم على من يمر به من الملائكة فتقول ما أكرمك من خلق الله على الله تعالى هذا وحواء راكبة الناقة تطوف معه الى أن أتوا بها الى باب الجنة فوقفوا ببابها ساعة فأوحى الله تعالى الى آدم هذه جنتى ودار كرامتى ادخلا فيها (وكلا منها رغداً حيثُ شئتما ولا تقربا هذه الشجرة فتكونا من الظالمين) وأشهد عليهما الملائكة ثم أدخلا الى الجنة فطافت بهما الملائكة فى الجنان وأرتهما أماكن الأنبياء جميعهم



Tatkala Allah Swt. mengusap punggung Nabi Adam As. maka keluarlah benda seperti mutiara yang tepampang gambar anak cucunya, yang berwarna putih dan hitam, pria dan wanita. Kemudian Allah Swt. menuangkan cahayaNya. Dengan cahaya itu siapapun yang mengenainya maka ia adalah mukmin. Dan bagi yang tidak terkena cahaya itu maka tergolong orang kafir. Sebagian lagi ada golongan yang mendapatkan cahaya benderang, Nabi Adam As. pun bertanya: “Wahai Tuhan, siapakah mereka itu?”

Allah Swt. berfirman: “Mereka adalah para nabi dari anak cucumu, wahai Adam.”

Kemudian Allah Swt. menikahkan Adam As. dengan Siti Hawa pada hari Jum’at setelah tergelincirnya matahari. Karena itulah kita disunnahkan menikah pada hari Jum’at.

Dikatakan pula bahwa sosok Nabi Adam As. itu lebih bagus daripada Siti Hawa, namun Siti Hawa lebih lembut dan lunak hatinya. Lalu Allah Swt. mewahyukan kepada Malaikat Ridhwan, penjaga surge, untuk membuatkan perkemahan dan merias para pelayan surga dan para bidadari. Dan dibuatlah seekor kuda untuk Nabi Adam As. bagai kilat yang menyambar yang dibuat dari misik. Kuda itu dinamai kuda “Maimun”. Tatkala kuda itu diserahkan kepada Nabi Adam As., beliau pun langsung menaikinya.

Adapun bagi Siti Hawa diberikan seekor unta pilihan dari surga yang bagian atasnya dipasang tandu terbuat dari mutiara, ia pun lalu menaikinya.

Jibril As. yang memegang kendali kuda, Mikail As. berjalan turut mengiringnya di sebelah kanan dan Israfil As. di sebelah kirinya. Mereka berkeliling di langit dan mengucapkan salam pada para malaikat yang mereka jumpai. Maka para malaikat berkata: “Sungguh amat mulianya engkau (Adam As.) mengalahkan ciptaan Allah lainnya.”

Siti Hawa juga turut berkeliling menaiki onta. Akhirnya sampailah mereka di pintu surga dan mereka terdiam sejenak. Kemudian Allah Swt. mewahyukan pada Adam As.: “Ini adalah surgaKu dan istana kemuliaanKu. Masuklah kalian dan makanlah sesuka hati kalian. Dan janganlah kalian mendekati pohon ini, niscaya kalian tergolong orang-orang yang berbuat dzalim.”

Para malaikat yang menjadi saksi atas pernikahan mereka. Kemudian mereka menghantarnya masuk ke dalam surga dan berkeliling menemani Adam As. dan Siti Hawa. Di dalamnya mereka diperlihatkan persediaan tempat-tempat bersemayamnya semua nabi.

Dikutip dari : Bada-i’ az-Zuhur fi Waqa-i’ ad-Duhur halaman 40)

Sumber MMN
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top