Minggu, 05 Januari 2014

BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE MUKHAFADHOH


Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah (MI-N) kencong kepung kediri

PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Bagi bangsa Indonesia fungsi bahasa Arab menjadi sangat penting, karena sebagian besar bahasa Indonesia pendudukanya memeluk agama Islam, dengan memahami serta mendalami bahasa Arab, mereka dapat meningkatkan penghayatan dan mengamalkan ajaran Islam. Untuk itu Indonesia mengembangkan  pendidikan bahasa Arab, lewat jalur formal atau non formal.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang utama sebab dipakai sebagai bahasa Al-Qur'an. Maka Al-Qur'an menjadi petunjuk bagi orang yang beriman, mengantarkan umat manusia dari kegelapan menuju terang benderang. Al-Qur'an merupakan sentral ajaran Islam, mengilhami tumbuh dan berkembangnya disiplin ilmu-ilmu keislaman dan lain-lainnya. Sebagaimana telah dibuktikan oleh Ulama' klasik dan terus berlanjut sampai berakhirnya umur dunia ini.
Mengingat urgennya Al-Qur'an dalam kehidupan, sementara dia diturunkan dengan bahasa Arab yang hanya dipelajari oleh orang Arab. Maka di saat kita ingin mendalami ajaran Islam tersebut tidak ada langkah yang lebih tepat kecuali berusaha untuk menyelami bahasa Arab.
Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah (MI-N) kencong kepung kediri
Bahasa Arab adalah salah satu dari sekian banyak bahasa yang ada di dunia ini, dalam perkembangannya ternyata tidak hanya dipelajari bahkan digunakannya, agar bahasa Arab bisa tetap eksis dan membumi di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim.
Adapun Pengajaran Bahasa Arab yang pertama di Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan seorang muslim dalam menunaikan ibadah, khususnya ibadah shalat. Sesuai dengan kebutuhan tersebut, materi yang diajarkan adalah doa-doa shalat dan surat-surat pendek Al-Qur'an. Maka muncullah Pengajaran Bahasa arab dengan tujuan pendalaman ajaran agama Islam, yang tumbuh dan berkembang di pondok-pesantren dengan metode gramatika-terjemah. Dalam metode ini  mempunyai tujuan khusus adalah yang paling dominan di tanah air dan diakui kontribusinya dalam memahamkan umat Islam Indonesia terhadap ajaran agamanya.  
Sedangkan dalam proses pembelajaran yang efektif  adalah jika mampu memberikan pengalaman baru dan membentuk kompetensi peserta didik, serta mengantarkan mereka ke tujuan yang ingin dicapai secara optimal. Dalam hal ini yang dipilih adalah dengan melalui metode mukhafadhoh. Mukhafadhoh adalah suatu metode yang sering digunakan oleh ulama’ - ulama’ yang sangat tersohor sebelum ia mempelajari sebuah fan ilmu, seperti halnya Imam Nawawi, ia memiliki banyak langkah untuk menjadi seorang ilmuan salah satunya antara lain : الحفظ قبل الفهم  ( menghafal sebelum memaham ) [Ridlwan Qoyyum Sa’id, 2006, hlm:33] karena pemahaman setelah hafal luar kepala akan sangat membekas pada memori otak dan setiap saat bisa dimunculkan meskipun dalam keadaan tidak membawa teks pembahasan.
Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah (MI-N) kencong kepung kediri adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang di bawah naungan Departemen Agama dan mata pelajaran bahasa Arab termasuk mata pelajaran inti sesuai dengan kurikulum yang dikeluarkan Departemen Agama.. Berdasarkan observasi bahwa MI Nidhomiyah Kencong Kepung adalah MI yang berada dibawah naungan yayasan pondok pesantren Raudlatul Ulum, Nilai NEM siswa MI Nidhomiyah Kencong Kepung Tahun 2007/2008 mendapat nilai tertinggi tingkat SD/MI se-kecamatan Kepung, Sarana dan prasarana Madrasah cukup memadai, Guru-guru bahasa arab cukup berkualitas, Alumni MI Nidhomiyah banyak diterima di MTSN di Kabupaten Kediri dan kebanyakan dari mereka mengenai kecakapan bahasa Arab di MTSN lebih unggul dari yang lain. Dari latar belakang diatas, maka peneliti mengambil tema tentang upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa arab melalui metode mukhafadhoh di MI Nidhomiyah Kencong Kepung Kediri.
B.  Rumusan Masalah
Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini dapat di jabarkan sebagai berikut :
1. Bagimana strategi pembelajaran bahasa arab melalui metode mukhafadhoh di MI Nidhomiyah Kencong?
2.  Bagaimana implementasi strategi pembelajaran tersebut terhadap peningkatkan prestasi belajar bahsa arab di MI Nidhomiyah Kencong?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk :
1. Memaparkan strategi pembelajaran bahasa arab melalui metode mukhafadhoh di MI Nidhomiyah Kencong?
2.  Memaparkan implementasi strategi pembelajaran tersebut terhadap peningkatkan prestasi belajar bahsa arab di MI Nidhomiyah Kencong?

D. Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai berikut:
1.      Bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan bahasa arab.
2.      Sebagai bahan informasi bagi para pendidik dalam upaya meningkatkan belajar bahasa arab.
  1. Lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab.
  2. Lembaga MI Nidhomiyah Kencong Kepung Kediri.
  3. Peneliti sendiri.
Bagi pengembang teori perolehan dan pengembangan bahasa Arab hasil penelitian ini bisa dijadikan masukan (input) yang berguna, terutama dalam merumuskan teori-teori atau konsep-konsep yang relevan serta pengembangannya.
Bagi para pendidik hasil penelitian ini bisa dijadikan informasi atau masukan dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab.
Bagi lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab, baik lembaga pendidikan formal maupun non formal yang ingin meningkatkan bahasa Arab bisa menjadikan  hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan khususnya dilingkungan program studi pendidikan bahasa Arab yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin (STAIH). Hal ini dikarenakan hasil penelitian ini merupakan diskripsi metode mukhafadhoh berbahasa Arab di suatu lembaga.
Bagi lembaga yang bersangkutan, yaitu Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah (MI-N) Kencong Kepung Kediri, hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai masukan untuk evaluasi terhadap peningkatan pembelajaran bahasa Arab.
Bagi peneliti sendiri, sebagai calon Sarjana Pendidikan Islam hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan pijakan untuk melangkah lebih lanjut dalam mengemban misi pengembangan bahasa Arab dalam dunia Pendidikan Islam.
E. Definisi Oprasional
Untuk mempermudah pemahaman isi skripsi ini dan menghindari adanya kesalah tafsiran dalam memahaminya maka perlu di jelaskan beberapa istilah yang berkaitan dengan skripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Upaya
Upaya adalah usaha, akal, ikhtiar (untuk mencapai suatu maksud, memecahkan persoalan, mencari jalan keluar, dsb). [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm :1109]
2.      Meningkatkan
Meningkatkan adalah menaikkan (derajat, taraf, dsb), mempertinggi, memperhebat (produksi dsb), mengangkat diri, memegahkan diri. [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm :1060]
3.      Prestasi Belajar
Prestasi adalah hasil yang dicapai melebihi ketentuan. [Wicaksono Angga Putra, 2007, hlm:310] hasil yang telah dicapai ( dari yang telah dikerjakan,m dilakukan ) [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 895]
Belajar adalah memperoleh kepandaian atau ilmu.[Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 17]

4.      Bahasa Arab.
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri, percakapan (perkataan) yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun, baik budinya, menunjukkan bangsa, budi bahasa atau perangai serta tutur kata menunjukkan sifat dan tabiat seseorang (baik buruk kelakuan menunjukkan tinggi rendah asal atau keturunan). [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 77]
Arab adalah nama bangsa di Jazirah Arab dan timur tengah.[Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 62]
Bahasa Arab adalah tutur kata yang digunakan oleh bangsa di jazirah arab dan timur tengah.
5.      Metode Mukhafadhoh
Metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki, cara kerja yang bersifat untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 740]
Mukhafadhoh adalah berusaha meresapkan kedalam pikiran agar selalu ingat. [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 381]
Metode Mukhafadhoh adalah cara yang digunakan untuk meresapkan perkara dalam pikiran agar selalu ingat.

6.      Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah
Madrasah adalah sekolah atau perguruan ( biasanya yang berdasarkan agama Islam). [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,  1997, hlm : 611]
Ibtidaiyah adalah sekolah agama (Islam) tingkat pertama
Nidhomiyah adalah nama suatu lembaga
Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah adalah sekolah agama islam tingkat pertama.
F.   Sistematika Pembahasan
Sistematika penulisan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Bab I : Pendahuluan yang mengandung konteks penelitian, rumusan penelitian , tujuan penelitian, kegunaan penelitian, definisi operasional dan sistematika penulisan.
Bab II : Kajian pustaka yang berisi pengertian upaya, latar belakang, hal-hal yang diperlukan dalam upaya, pengertian prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengarui prestasu belajar, indicator prestasi belajar, pengertian bahasa Arab, fungsi bahasa Arab, pengertian metode, dasar-dasar metode, prinsip-prinsip metode, factor-faktor yang mempengarui pemilihan metode, pengertian metode mukhafadhoh, macam-macam metode mukhafadhoh dan factor-faktor yang menunjang berhasilnya metode muhafadhoh.
Bab III : Metode penelitian yang mengandung rancangan penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data, prosedur pengumpulan data, analisis data, dan pengecekan keabsahan data
Bab IV : Paparan hasil penelitian dan pembahasan yang berisi tentang paparan hasil dan temuan  penelitian serta pembahasan.
Bab V : Penutup yang berisi kesimpulan dan saran.  

(Oleh: Herman. S.PdI)
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top