Senin, 06 Januari 2014

FAKTOR-FAKTOR YANG MENUNJANG BERHASILNYA MUKHAFADHOH

Adapun faktor-faktor yang menunjang berhasilnya mukhafadhoh :
1.      Tanamkan rasa senang pada materi yang akan dihafalkan, menurut Imam Al-Ghozali sebenarnya memori otak manusia itu sama saja. Al-Ghozali mencontohkan bertapa mudahnya seseorang menghafalkan syair-syair,
lagu-lagu atau aknedot-aknedot yang lucu dan lain sebagainya. Karena apa? Sudah barang tentu karena hal tersebut kesukaana anda.


2.      Anggaplah mudah semua materi yang akan dihafalkan, maka ketika mulai menghafal tanamkan dalam hati bahwa “ saya akan hafal dengan mudah” jangan sekali-kali punya perasaan “ pelajaran ini sulit dihafal”. Karena perasaanini akan memberikan sugesti buruk pada mental anda dan akan menghambat jaringan otak untuk bekerja secara optimal.
3.      Jangan hiraukan keadaan sekitar atau pikiran-pikiran diluar materi yang dipelajari dan belajar dengan rileks tapi serius. Jean Marie Stine bependapat “ jaringan otak manusia sebenarnya melebihi jaringan komputer manapun” karena otak kita menggunakan 100 milyar bit informasi dan dapat bergerak lebih dari 300 mil per jam, dan satu-satunya kunci untuk mengoptimalkan otak adalah dengan peningkatan kosentrasi.
4.       Simpulkan apa yang anda baca dengan menulisnya dalam bentuk catatan-catatan.
5.  Catatlah keterangan-keterangan yang dianggap penting.[Ridlwan Qoyyum Sa’id, , 2006, hlm:05].
6.   Harus ada perhatian yang cukup terhadap perkara yang dihafal.
7.   Harus mempunyai niat dan kemauan yang sungguh-sungguh.
8.   Bahan yang dipelajari hendaknya disusun secara sistematis.
9.  Harus ada ulangan teratur. Dalam hal ini hendaknya digunakan digunakan hukum Jost, yang mengatakan bahwa : 4 X 5 ulangan lebih baik dari pada 2 x 10 ulangan.
10. Bahan yang dipelajari hendaknya disusun secara sistematis, sehingga mudah difahami dan dihafal.
11.Belajar itu sangat dipengarui oleh kondisi tubuh, pembawaan, pengruh lingkungan dan sebagainya. [Zuhairini, 1980, hlm :103].
Prinsip Metode Mukhafadoh
Prinsip dasar metode ini terdapat dalam kitab ta’limul mutangalim :
قيل : حفظ حرفين خير من سماع وقرين وفهم حرفين خير من حفظ وقرين.
            Dikatakan oleh sebagian ulama’ : hafal dua huruf itu lebih baik daripada mendengar dua lembar. Dan paham dua huruf itu lebih baik daripada hafal dua lembar. 
          واذاماحفطت  شياء اعده   #    ثم اكده غاية التا كيد
            Yang maksudnya : Jika engkau telah hafal satu ilmu, maka ulangilah, sehingga tidak bakal lupa. Kemudian kukuhkan [Ibrohim Ibnu ismail, TT, hlm:29].

Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top