Senin, 06 Januari 2014

INDIKATOR PRESTASI BELAJAR

Indikator Prestasi belajar
                  Mengingat pengajaran merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka disini dapat ditentukan dua kriteria yang bersifat umum. Menurut Sudjana kedua kriteria tersebut adalah :


1.      Kriteria ditinjau dari sudut posesnya.
            Kriteria dari segi prosesnya menekankan kepada pengajaran sebagai suatu proses yang merupakan interaksi dinamis sehingga siswa sebagai subyek mampu mengembangkan potensinya melalui belajar sendiri. Untuk mengukur keberhasilan dari sudut prosesnya dapat dikaji melalui beberapa persoalan dibawah ini :
a.       Apakah pengajaran direncanakan dan dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru dengan melibatkan siswa?
b.      Apakah kegiatan siswa belajar dimotivasi guru sehingga ia melakukan kegiatan belajar dengan penuh kesabaran, kesungguhan dan tanpa paksaan untuk memperoleh tinggkat penguasaan, pengetauan, kemampuan serta sikap yang dikehendaki dari pengajaran itu?
c.       Apakah guru memakai metode?
d.      Apakah suasana pengajaran atau proses belajar mengajar cukup menyenangkan dan merangsang siswa belajar? [Abdul Haris et. Al, 2008, hlm: 20]

2.      Kriteria ditinjau dari segi hasilnya
            Disamping tinjauan dari segi proses, keberhasilan pengajaran dapat dilihat dari segi hasil. Berikut ini adalah beberapa persoalan yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan keberhasilan pengajaran ditinjau dari segi hasil atau produk yang dicapai siswa  :
a.       Apakah hasil belajar yang diperoleh siswa dari proses pengajaran nampak dalam bentuk perubahan tingkah laku serta menyeluruh?
b.      Apakah hasil belajar yang dicapai siswa dari proses pengajaran dapat diaplikasikan dalam kehidupan siswa?
c.       Apakah hasil belajar yang diperoleh siswa  tahan lama diingat dan mengendap dalam pikirannya, serta cukup mempengarui perilaku dirinya?
d.      Apakah yakin bahwa perubahan yang ditunjukkan oleh siswa merupakan akibat dari proses pengajaran? [Abdul Haris et. Al, 2008, hlm:21]
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top